Cara Meningkatkan Jumlah Pendengar (Ilmu Broadcasting Radio)

Cara Meningkatkan Jumlah Pendengar (Ilmu Broadcasting Radio)
Cara Meningkatkan Jumlah Pendengar (Ilmu Broadcasting Radio) - Survey pendengar, hal yang tidak asing bagi orang radio. Melalui survey pendengar kita bisa mengetahui apa yang disuka dan diinginkan oleh pendengar hingga mengetahui kondisi persaingan antara radio kita dan kompetitor. Hasil survey membantu kita untuk mengatur langkah selanjutnya agar dapat memenangkan pasar pendengar.

Semakin ketatnya persaingan antar radio dan kebutuhan radio untuk mengetahui hasil survey yang lebih detail, menantang Arbitron – sebuah lembaga survey di Amerika untuk menciptakan sistem survey PPM – Portable People Meter yang dapat memberikan laporan berapa banyak orang yang sedang mendengarkan siaran kita secara langsung.

Meskipun sebagian besar orang radio sudah memahami, tidak ada salahnya jika melalui tulisan ini kita sedikit mengulang beberapa hal penting yang perlu dilakukan untuk meningkatkan jumlah pendengar:

01. Menyajikan content yang terbaik, menarik, baik lagu, informasi maupun berbagai program siaran yang menarik.

02. Berikan sesuatu yang baru secara rutin – lagu baru, acara baru atau berita baru.

03. Usahakan untuk memberikan kejutan, sesuatu yang tidak terduga, yang tidak biasa kepada pendengar kita sesering mungkin – paling tidak dalam setiap jam sekali. Pendengar ingin mendapatkan sesuatu yang tidak bisa didapatkannya di tempat lain.

04. Jadilah teman bagi pendengar secara personal, bukan secara massal – teori “you and me”. Akan menjadi masalah jika kita tidak bisa memahami bagaimana caranya menjadi teman bagi pendengar.

05. Pendengar ingin mengetahui kejadian apa yang sedang terjadi saat ini. Untuk itulah diperlukan adanya penyiar yang secara langsung bisa menyampaikan informasi-informasi aktual bagi pendengar.

06. Jangan buat pendengar bosan dengan basa basi, kata-kata, komentar-komentar dan obrolan tidak penting dari penyiar. Singkatnya, apa yang disampaikan oleh penyiar, meski hanya sekedar “DJ comment”, harus bermutu dan tidak bertele-tele.

07. Ciptakan ikatan emosional yang kuat dengan pendengar, buat mereka selalu tergerak untuk terus mendengarkan siaran kita. Berikan hiburan, tantangan dan menyatulah dengan pendengar. Be interactive!
Cara Meningkatkan Jumlah Pendengar (Ilmu Broadcasting Radio)

0 Response to "Cara Meningkatkan Jumlah Pendengar (Ilmu Broadcasting Radio)"

Post a Comment